Senin, 29 Oktober 2012

Korupsi Melemahkan Kepercayaan Publik Dalam Asistensi Pembangunan


Definisi korupsi menurut “Transparency International” adalah perilaku pejabat publik, baik politikus politisi maupun pegawai negeri, yang secara tidak wajar dan tidak legal memperkaya diri atau memperkaya mereka yang dekat dengannya, dengan menyalahgunakan kekuasaan publik yang di percayakankepada mereka.
Salah satu ancaman besar bagi negara dan juga Bank Dunia akibat korupsi adalah melemahnya kepercayaan publik dalam asistensi pembangunan. Dikatakan ancaman besar karena dengan melemahnya kepercayaan publik, asistensi pembangunan menjadi terhambat kemajuannya dan pertumbuhan Negara dapat tersendat.
Dengan adanya tindakan korupsi, publik akan merasa dan yakin bahwa pajak pemerintah yang mereka bayar semata-mata hanya untuk memuaskan dahaga akan kepuasan duniawi para pejabat pemerintah yang berkaitan dengan tindakan korupsi tersebut. Publik juga akan merasa dirugikan karena pelayanan pemerintah menjadi tidak maksimal dikarenakan adanya penyaluran anggaran yang kurang sempurna dan tidak transparan.
Lemahnya kepercayaan publik juga menyebabkan tidak adanya lagi komunikasi yang harmonis antara publik dan pemerintah, sehingga setiap pembangunan yang  dilakukan pemerintah akan dipermasalahkan oleh publik. Terlebih lagi jika pembangunan tersebut tersendat di tengah jalan, sudah dapat dipastikan bahwa kepercayaan publik akan semakin melemah.
Dengan begitu, publik tidak akan mau menyetorkan uangnya untuk pajak pemerintah, sehingga kas pemerintah menjadi tidak stabil, seiring bertambahnya penduduk dan kebutuhan pokoknya yang harus tetap dipenuhi secara periodik. Akibat dari kas pemerintah yang tidak stabil adalah tidak stabil pula kas dari Bank Dunia.
Kita harus mengikuti peraturan yang ada sebagai Negara yang menganut sistem Demokrasi, seperti yang dikatakan oleh Abrahan Lincoln (1863) bahwa demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.
Untuk itu, korupsi harus dimusnahkan agar keuangan Negara dan Bank Dunia dapat terus berjalan stabil dan publik dapat hidup sejahtera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar